youtube mp3 indir totobo wordpress tema indir
DIREKTUR JURNAL DAN PUBLIKASI ILMIAH UNIKOM ADAKAN COACHING PENDAFTARAN DIRECTORY OF OPEN ACCESS JOURNAL (DOAJ)

BANDUNG, UNIKOM – Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat dari berbagai bidang kerja di Unikom untuk dapat memberikan yang terbaik dalam bekerja meski dilakukan hanya melalui Daring. Seperti yang dilakukan oleh Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom, dimana selalu berupaya mengembangkan dan meningkatkan jurnal dan publikasi ilmiah Unikom agar dapat berkembang dan terakreditasi. upaya pemaksimalan para pengelola jurnal guna meningkatkan kualitas dan mutu jurnal terus dilakukan salah satu kegiatan Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom, menggelar Coaching pendaftaran Directory of Open Access Journal (DOAJ) pada Jum’at 26 Maret 2021 Pukul 08.30 – 09.00 WIB bertempat di L.030 gedung baru Unikom.

Acara dibuka langsung oleh Direktur Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom, Dr. Poni Sukaesih K, S.IP., M.Si. Turut hadir pada kesempatan tersebut para pengelola jurnal Unikom Leonardi Paris, M.Eng, Arjuna Rizaldi, M.A, Tatik Rohmawati, M.Si, Dr. Tatit Fidowaty, M.Si, Supriyati, A.k., C.A dan Dr. Dewi Triwahyuni, M.Si.

Poni Sukaesih menyampaikan “Directory of Open Access Journal (DOAJ)  adalah indeks kelas menengah dan cukup bergengsi untuk meningkatkan visibilitas dan kemudahan penggunaan jurnal ilmiah serta mempromosikan peningkatan penggunaan dan dampak jurnal. dengan terindeks pada DOAJ penyebar luasan dari jurnal kita akan semakin luas, secara otomatis yang mengakses jurnal kita pun akan semakin banyak dan harapan saat ini jurnal kita bisa terindeks oleh DOAJ, pada kesempatan ini walaupun secara persiapan dan ada rasa tidak percaya diri tetapi tidak ada salah nya jika kita mencoba terlebih dahulu, jika ditolak itu tidak akan merugikan kita, yang terpenting kita sudah mempunyai pengalaman dan akan tau kekurangan dari jurnal kita seperti apa nantinya, kita harus optimis tentunya dibarengi dengan kualitas jurnal kita yang akan di indeks pada DOAJ.”ujarnya

Dilansir dari doaj.org bahwa DOAJ adalah  situs web yang mencantumkan daftar jurnal akses terbuka, dikelola oleh Infrastructure Services for Open Access (IS4OA). DOAJ diluncurkan pada tahun 2003 di Lund University Swedia dengan 300 jurnal akses terbuka. Saat ini, basis data independen ini berisi dari 15.000 jurnal akses terbuka dengan tinjauan sejawat yang mencakup semua bidang sains, teknologi, kedokteran, ilmu sosial, seni, dan humaniora.

Setelah agenda coaching pendaftaran DOAJ tersebut, rencana para pengelola jurnal akan mengisi tahapan pemberksan yang nantinya digunakan sebagai pelengkap dalam DOAJ. Poni menaruh harapan “Semoga melalui agenda kita hari ini dapat bermanfaat sehingga jurnal Unikom dapat terus serta terindeks DOAJ. Karena jika sudah terindeks secara tidak langsung akan meningkatkan peringkat akreditasi dalam SINTA” ujarnya. Acara diakhiri dengan foto secara bersama guna dokumentasi (Direktorat Hms & Pro)

About Author
admin