MENUJU GERBANG PENYELEKSIAN KORPS PROTOKOLER MAHASISWA (KPM) UNIKOM ANGKATAN VI

Technical Meeting Open Recruitment Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom Angkatan VI sebagai rangkaian awal sebelum memasuki gerbang penyeleksian, telah dilaksanakan pada Senin, (20/3) pukul 13.00 WIB di Ruang L.018 Lobby Gedung Baru Unikom. Kegiatan tersebut diikuti oleh 74 mahasiswa Unikom dari berbagai Program Studi, yang telah mendaftarkan diri dan melengkapi berkas administrasi sebagai calon anggota KPM. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si, Pembina KPM Unikom, Arif Try Cahyadi, S.Ds, Ketua Pelaksana Open Recruitment KPM Angkatan VI, Ratna Pertiwi Wulandari, Ketua KPM Unikom, M. Arif Malik, dan para anggota KPM Unikom.

Technical meeting diawali dengan penayangan sekilas tentang KPM Unikom, sebagai salah satu UKM yang turut membantu dalam keberhasilan berbagai kegiatan di Unikom. Melalui sambutannya, Direktur Humas & Protokoler mengharapkan para mahasiswa yang telah mendaftarkan diri sebagai calon anggota KPM dapat mempersembahkan yang terbaik pada saat tahap penyeleksian, yang menurut rencana akan dilaksanakan pada bulan Mei 2017 mendatang. “Mahasiswa KPM adalah mereka yang terpilih dari serangkaian tahap seleksi, sehingga motivasi kalian bergabung menjadi anggota KPM Unikom, semoga atas keinginan diri sendiri, bukan karena orang lain atau sekedar ingin ‘numpang nama’, karena loyalitas dan sense of belonging sangat dibutuhkan dalam organisasi ini,” tutur Desayu.

Sejumlah prestasi, bakat, dan keberhasilan di bidang akademik maupun non akademik yang dimiliki oleh calon anggota akan dipertimbangkan dalam proses rekrutmen, sehingga tahapan seleksi yang akan dilakukan 2 bulan mendatang, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para calon anggota untuk mempersiapkan diri dengan baik. “Semoga perekrutan kali ini bisa sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh Unikom, dan angkatan VI menjadi angkatan yang lebih baik lagi dari angkatan sebelumnya,” tambah Desayu. Hal senada diungkapkan oleh Ketua KPM Unikom, “Selamat datang di gerbang penyeleksian KPM Unikom Angkatan VI, jadilah diri kalian sendiri, berikan yang terbaik, be the next icon,” ucap M. Arif dalam sambutannya.

Guna memberikan gambaran tentang KPM Unikom kepada calon anggota, maka Pembina KPM pun memperkenalkan awal mula terbentuknya KPM Unikom, yang semula bernama Tim Protokoler Mahasiswa. “Nama Tim Protokoler yang ditetapkan pada 19 April 2010 melalui Surat Keputusan Rektor Unikom, mengalami perubahan seiring dengan terbentuknya Direktorat Humas dan Protokoler Unikom pada tahun 2012, sehingga menjadi Korps Protokoler Mahasiswa atau yang lebih dikenal dengan sebutan KPM Unikom,” tutur Arif. Adapun peran KPM Unikom yaitu mendukung dan turut serta membangun citra unikom dalam kegiatan keprotokolan, meningkatkan wawasan, pengalaman, serta kinerja yang terlatih dengan kepribadian, profesionalisme, dan kompetensi sosial.

Merujuk pada perannya yang dinilai vital, maka untuk menjadi anggota KPM Unikom diharapkan para mahasiswa memenuhi beberapa kriteria, diantaranya: 1) Kepribadian baik; 2) Mampu bekerja dalam tim; 3) Berpenampilan menarik; 4) Mampu berinteraksi dan beradaptasi; 5) Mampu berkomunikasi dengan baik; 6) Ramah dan sopan; 7) Menguasai bahasa inggris dan bahasa asing lainnya; 8) Memiliki bakat khusus; dan 9) Sehat jasmani dan rohani. Adapun tahapan seleksi yang harus dilalui oleh setiap calon anggota KPM Unikom, meliputi Tes Interview oleh Dosen Protokoler yang akan dilaksanakan pada 5 Mei 2017 dan Tes Bakat yang dilaksanakan pada 11 Mei 2017. “…pada tes interview diharapkan peserta menguasai pengetahuan tentang Unikom secara umum, sedangkan untuk test bakat setiap peserta diperbolehkan menampilkan berbagai jenis bakat, seperti MC, public speaking, menari, menyanyi, desain, fotografi, dan sebagainya,” tutur Ketua Pelaksana.

Sebelum mengakhiri kegiatan Technical Meeting, seluruh peserta dibagi menjadi 4 kategori atau kelompok sesuai dengan minat dan bakatnya, hal ini dilakukan sebagai bentuk perisapan menghadapi tahap penyeleksian khususnya pada tes bakat. Adapun kelompok tersebut, diantaranya: 1) Master of Ceremony (MC); 2) Public Speaking; 3) Entertain; dan 4) Multimedia, dimana masing-masing kelompok mempunyai 2 pembimbing atau mentor dari KPM Unikom yang akan membantu mengarahkan bakat para calon anggotanya. (Direktorat Hms & Pro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *